translite

Kamis, 12 April 2012

komputer etik atau etika komputer

Pengertian tentang komputer etik?
Komputer etik atau biasa disebut etika komputer bisa diartikan sebagai nilai-nilai yang berlaku atau yang perlu diperhatikan dalam penggunaan teknologi.

Etika komputer adalah seperangkat asas atau nilai yang berkenaan dengan penggunaan komputer.etika berasal dari yunani (ethos) yang berarti istiadat atau perilaku yang baik baik individu,kelompok masyarakat dan komputer.

pengertian tersebut diperkuat dengan,
  • sejarah etika komputer pada era 1940-an (Generasi pertama) yaitu peristiwa ketika Profesor Norbert Wiener (selama perang dunia ke 2), mengembangkan sebuah meriam antipesawat yang mampu melumpuhkan setiap pesawat tempur yang melintas di sekitarnya. Pengembangan senjata tersebut memicu Wiener untuk memperhatikan aspek lain selain kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu etika.Meskipun Wiener tidak pernah menggunakan istilah etika komputer dalam setiap bukunya, konsep pemikirannya telah menghasilkan fondasi yang kuat dalam perkembangan etika komputer di masa mendatang.
  • Era 1960-an seorang pemikir dari SRI International Menlo Park California , Donn Parker  (generasi kedua) melakukan berbagai penelitian terhadap penggunaan komputer secara ilegal. menurutnya, kejahatan komputer terjadi karena kebanyakan orang mengabaikan etika dalam penggunaan komputer. dari pemikiran nya tersebut kemudian dijadikan sebagai pelopor kode etik profesi di bidang komputer.
  • Era 1970-an (generasi ketiga) peristiwa ini bermula ketika Program psikoterapi Rogerian ini diciptakan oleh Joseph Weizenbaum dan mengundang banyak kontroversi karena Weizenbaum telah melakukan komputerisasi psikoterapi dalam bidang kedokteran. Istilah etika komputer kemudian digunakan oleh Walter Maner untuk menanggapi permasalahan yang ditimbulkan oleh pemakaian komputer pada waktu itu.hingga berlanjut di tahuan 1980-an dan menjadi kejayaan etika komputer pada masa itu.
  • pada era 1990-an(generasi ke empat) tentang etika komputer sangat berkembang pesat berbagai penelitian dan pelatihan sangat banyak bermunculan pada waktu itu, disamping itu juga berbagai konferensi,riset,artikel,jurnal dan buku banyak mengulas tentang etika komputer tersebut.sehingga masyarakat dunia menyadari pentingnya etika dalam penggunaan komputer. 

Isu seputar etika komputer ,
  • Kejahatan komputer atau computer crime adalah kejahatan yang ditimbulkan karena penggunaan komputer secara ilegal. jenis kejahatan komputer tersebut meliputi Denial of Services (melumpuhkan layanan sebuah sistem komputer), penyebaran virusspamcarding (pencurian melalui internet).
  • pelanggaran HAKI (hak asasi kekayaan intelektual). Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh internet menyebabkan terjadinya pelanggaran HAKI seperti pembajakan program komputer, penjualan program ilegal dan pengunduhan ilegal.
(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Etika_komputer).


Komputer Etika adalah cabang praktis filosofi yang berkaitan dengan bagaimana para profesional komputasi harus membuat keputusan mengenai perilaku profesional dan sosial.
Margaret Anne Pierce, seorang profesor di Departemen Matematika dan Komputer di Georgia Southern University telah dikategorikan keputusan etika yang terkait dengan teknologi komputer dan penggunaan menjadi 3 pengaruh utama:
  • 1. Individu kode pribadi.
  • 2. Setiap kode informal perilaku etis yang ada di tempat kerja.
  • 3. Paparan kode etik formal.
(sumber :http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_ethics).




0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis komentar anda di sini!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More